VacaTur FloresVacaTur Flores
Forgot password?

10H/9M KOMODO KELIMUTU TOUR

Harga   : Melalui Email
Lokasi  : Flores, Komodo, Indonesia
Durasi  : 10 Hari 9 Malam

TOUR CODE     : 10H9N/ VAC-10

DETAIL PERJALANAN

HARI 01 TIBA DI LABUAN BAJO – BERLAYAR KE PULAU RINCA DAN LABUANBAJO (D)

Tiba di Labuan Bajo. Layanan sambutan di bandara, kemudian transfer langsung ke pelabuhan, naik kapal Phinisi atau kapal kayu tradisional untuk berlayar santai ke Pulau Rinca pulau lain sebagai habitat asli Komodo Dragon. Kita akan melihat dan mengamati reptil raksasa di bumi. Kami juga akan menemukan banyak hewan liar seperti rusa Timor, kerbau liar, kera ekor panjang, babi hutan dan juga banyak burung seperti kakaktua berjambul rendah, kera dll. Tur kami akan didampingi oleh ranger lokal di sepanjang taman Nasional ini. Waspadahlah selalu karena terkadang Anda akan menemukan baby komodo di atas pohon yang menghindar dari sergapan induknya sendiri. etelah menejalajah Taman Nasional Komodo  kita akan kembali ke kapal dan berlayar kembali ke Labuhanbajo.  Dilanjutkan dengan Makan Malam di Labuanbajo dan bermalam di Exotic Hotel atau Laprima Hotel

HARI 02 LABUAN BAJO – RUTENG – LIANGBUA (B, L, D)

Setelah sarapan pagi di hotel, kita akan berangkat menuju ke RUTENG, melewati hutan lebat dan beberapa pemandangan indah di sepanjang jalan. Panorama indah di sepanjang jalan dari Labuanbajo ke Ruteng memberi kesan khusus. Kita akan melihat sawah yang membentuk jaring laba-laba yang diebut “LINGKO” di Cancar. Selanjutnya kita akan menuju ke kota dingin – Ruteng. Di Ruteng kita akan mengunjungi kampung tradisional  etni Manggarai di Ruteng Pu’u. Di sana masyarakatnya masih menjaga  warisan tradisi budayanya. Rumah adat etnis Manggarai – Rumah Gendang dan altar persembahan Compang masih terpelihara. Makan siang di restoran lokal. Setelah makan siang kita akan melanjutkan perjalanan ke Gua Liangbua tempat dimana arkeolog menemukan fosil kerangka hobit yang dikenal sebagai Homo Floresiensis. Kembali ke Ruteng untuk beristirahat dan bermalam

HARI KE 03 RUTENG – RUTENG PUU – DENGE (B, L, D)

Hari ini kita mentargetkan untuk mengunjungi desa Waerebo yang paling tradisional yang maih terpelihara dengan baik. Perjalanan akan melewati Golo Lusang yang menawarkan panorama spektakuler. Wae Rebo sendiri terletak di bagian Barat Daya Ruteng. Perjalanan akan memakan waktu 3 jam perjalanan dari Ruteng ke Desa Denge titik perhentian untuk setiap kendaraan. Selanjutnya kita akan melakukan perjalanan menuju ke kampung Waerebo. Di kampung ini kita akan berinteraski dengan penduduk lokal hingga malam. Kita akan menginap di rumah-rumah tradisional bersama penduduk lokal. Makan malam akan dilayani oleh tuan rumah setempat di mana kita tidur. Seusai sarapan pagi kita akan melakukan perjalanan pulang ke Denge dan selanjutnya 

HARI KE 04 DENGE – WAEREBO – RUTENG (B, L, D)

Setelah sarapan, kami akan memulai perjalanan petualangan ke desa yang paling remute dan aman – Wae Rebo yang telah dianugerahi oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya paling awal di dunia. Pagi-pagi sekali dari Denge kita harus melakukan trekking selama sekitar tiga jam ke Wae Rebo. Satu jam berada di dunia yang jauh dari kehidupan modern Anda; berinteraksi dengan orang-orang yang hidup dengan cara hidup tradisional mereka lalu kembali ke Denge. Setibanya di Desa Denge, lanjutkan perjalanan kembali ke Ruteng. Check in ke Hotel untuk bermalam.

HARI KE 05 RUTENG – BAJAWA (B, L, D)

Setelah sarapan kita akan melanjutkan ke Bajawa. Panorama indah di sepanjang jalan dari Ruteng ke Bajawa memberi kesan khusus. Berhentilah di Danau Ranamese di hutan hujan yang lebat, berjalan singkat untuk menikmati suasana segar di lingkungan RANAMESE yang tenang. Di jalan berhenti untuk melihat proses pembuatan minuman anggur tradisional ARAK, dan uji minum akan menjadi pilihan. Berhenti juga akan dilakukan di Waeri titik pandang terbaik untuk mengambil foto Gunung Api Inerie. Pada saat kedatangan, check-in untuk bermalam di HOTEL EDELWEIS di kota Bajawa atau SILVERIN VILLA di pinggiran kota Bajawa. Makan siang di restoran lokal di Borong, Makan malam akan disajikan di restoran lokal di Bajawa.

HARI KE 06 BAJAWA – BENA – GURUSINA –WOGO – BAJAWA (B, L, D)

Makan pagi di Hotel. Berkendara ke Selatan menyusuri bukit dan gunung ke desa-desa tradisional BENA, LUBA dan GURUSINA untuk mengunjungi kehidupan nyata suku Ngadha di sebuah desa paling tradisional dengan rumah-rumah suku asli yang terletak di kaki Gunung Api INERIE (2245 m).

Makan siang akan disajikan di SILVERIN RESTAURANT. Setelah makan siang kami akan pergi ke desa Mangulewa untuk melihat barisan Ngadhu dan Bhaga dan berhenti untuk melihat perkebunan kopi hijau; kemudian ke Wogo dan berhenti akan dilakukan di Seminari Toda Belu untuk mengunjungi gedung sekolah tua yang dibangun oleh Misionaris Belanda; sekolah untuk anak laki-laki muda yang dipersiapkan untuk menjadi imam Katolik dan rumah retret Kemah Tabor di Mataloko, kemudian dilanjutkan ke Desa Toda untuk melihat penduduk setempat mendapatkan Palm Milk yang dibuat dalam memproduksi anggur palem yang difermentasi untuk anggur yang sangat alkohol atau sedikit kelapa sawit pada spesifik cara untuk rasa tertentu. Lanjutkan perjalanan ke desa tradisional Wogo untuk melihat rumah adat yang terawat baik, struktur dan filosofinya. Setibanya di gerbang desa Wogo, dengan senyum polos ia orang-orang setempat mengenakan kostum tradisional dalam sambutan selamat datang tradisional Sa Ngaza, diikuti oleh tarian Jai untuk menyambut para tamu ke pusat desa. Ini akan menjadi momen untuk mengalami cara hidup suku dimana semua penduduk desa dalam sukacita besar untuk menerima tamu sebagai bagian dari anggota keluarga mereka dengan ritual dengan babi atau ayam pertumpahan darah di setiap tangan dan di panggung Desa, berikut dengan proses demonstrasi pembuatan pedang, dan pertunjukan musik tradisional Bambu, Tari Kadhi Sagu Alu, tari Jai Laba Rudu di panggung desa akan ditampilkan. Tarian dengan suara Laba Rudu – drum yang terbuat dari kulit kepala manusia yang sebenarnya sangat langka untuk ditampilkan kecuali ketika menyambut para prajurit pergi berperang atau kembali ke desa dengan kemenangan setelah bertempur. Akhirnya dalam hidup dan kegembiraan Tari Jai dengan gong gendang sebagai momen perpisahan, penduduk desa mengawal para tamu keluar untuk meninggalkan desa dan kembali ke hotel di Bajawa. Menjelang sore kembali ke Bajawa. Makan malam akan disajikan di restoran CAMELIA.

HARI KE 07 BAJAWA – WAWOMUDHA – SOA – RIUNG (B, L, D)

Setelah sarapan pagi di hotel jam 09.00 pagi kita akan melakukan city tour di Bajawa kemudian berkendara ke arah barat melewati perkebunan bambu yang rimbun dan pemandangan indah di sepanjang jalan sampai kita mencapai kawah WAWOMUDHA. Berkendaralah ke selatan dan ke arah timur untuk menikmati saat-saat bersantai di kolam SOA di kolam air panas dan berendam di air hangat yang mengalir dalam air terjun. Tentu saja, akan ada rasa lapar yang luar biasa setelah berenang. Kami akan memiliki kotak makan siang di tempat. Setelah makan siang, kita akan berkendara ke RIUNG. Selama perjalanan ke Riung kita dapat melihat berbagai panorama unik. Makan malam dan bermalam di Catholic Missionary Guest House – PONDOK SVD.

HARI KE 08 RIUNG – ENDE – WOLOTOPO – WOLONDOPO – MONI (B, L, D)

Pagi-pagi sekali berjalan ke pelabuhan untuk memiliki perahu untuk berlayar pendek di laut yang sangat jernih di mana Anda dapat melihat terumbu karang berwarna-warni yang dikenal sebagai taman laut. Berlayar kembali ke daratan RIUNG untuk sarapan. Setelah sarapan, kami memulai perjalanan ke MONI melalui lanskap MBAY dan ENDE yang indah dengan berhenti di Penggajawa, Pantai dipenuhi dengan batu-batu biru, hijau, dan merah muda pastel. Anda akan melihat orang-orang duduk sendirian di sepanjang pantai, dengan penuh perhatian menumpuk batu. Industri rumahan dari penduduk setempat yang giat menyortir batu-batu untuk diekspor sejauh Jepang. Melanjutkan perjalanan ke kota Ende dan berhenti untuk mengunjungi museum Presiden Pertama Indonesia, Sukarno. Makan siang akan disajikan di restoran setempat. Setelah Makan Siang melanjutkan perjalanan melalui pantai dengan pemandangan yang menakjubkan untuk mencapai Wolotopo – sebuah desa tradisional khas Lionese, kemudian berkendara melalui jalan pegunungan untuk mencapai ke Moni.
Di jalan berhenti di Desa Wolondopo untuk melihat mummi Kaki Lebih satu-satunya dan baru ditemukan mummi di Flores. Hasil ke Detusoko kemudian check in ke biara biarawati biarawati rumah untuk menginap semalam. Makan malam di biara.

HARI KE 09 MONI – KELIMUTU – MAUMERE (B, L, D)

Bangun pagi pada jam 4.30 untuk bertamasya ke KELIMUTU, danau kawah tiga warna yang dramatis dan misterius. Diharapkan kita akan menyaksikan matahari terbit yang indah dari puncak Gunung Kelimutu. Kembali ke hotel untuk sarapan. Dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Maumere melalui pegunungan dengan pemandangan indah. Berkendara melalui pemandangan bukit yang luar biasa dalam perjalanan untuk mencapai desa dengan pengaruh Portugis yang kuat. Pada saat kedatangan penduduk desa akan mengelilingi pengunjung dengan dinding tenunan, tersenyum dan menggumamkan penjualan mereka. Di desa nelayan kecil ini, kita akan menemukan gereja tua dengan dekorasi aslinya yang dibangun oleh Portugis. Drive menyeberang ke pantai Utara ke desa nelayan kecil lainnya di Wuring untuk melihat kehidupan nyata para nelayan. Makan siang akan disajikan di restoran setempat. Sisa hari bebas dan relaksasi di pantai. Makan malam dan bermalam di HOTEL SAO WISATA atau SEA WORLD CLUB.

HARI KE 10 MAUMERE – LEDALERO – TRANSFER OUT (B,)

Setelah sarapan Anda akan memiliki waktu luang hingga satu setengah jam dari waktu keberangkatan yang tepat, Anda akan ditransfer ke bandara untuk penerbangan ke tujuan Anda berikutnya.

Paket Tur Termasuk:

• Akomodasi berdasarkan berbagi kembar,
• Makanan Full-Board,
• Tur Pribadi AC atau mobil non AC, Perahu Privat Labuanbajo ke Komodo PP
• Biaya Masuk / donasi,
• Biaya Konservasi Komodo
• Pemandu bahasa Inggris atau Jerman profesional,
• Air mineral.
• Krim anti nyamuk

Paket Wisata Tidak Termasuk:

• Tiket Air Denpasar – Labuan Bajo dan Maumere – Denpasar
• Pajak Bandara di Bandara Bali dan Bandara Maumere
• Tip untuk Panduan dan Driver
• Panggilan Telepon Lokal dan Internasional
• Pengeluaran pribadi lainnya yang tidak disebutkan di atas